Cara Menghapus Kolom Kosong Secara Otomatis di Excel

 Dengan menghapus kolom kosong di Ms Excel akan membuat data kalian lebih rapi dalam penyajiannya. Namun untuk menghapus secara manual kolom atau tabel kosong tentu memakan waktu. Lalu yang jadi pertanyaan apakah ada cara menghapus kolom kosong secara otomatis di Excel?

Jawabannya ada gaes, karena dalam artikel kali ini kami akan membahas tentang cara menghapus tabel di excel. Baik menghapus kolom secara manual ataupun secara otomatis. Jadi kalian bisa mencoba sendiri untuk memakai cara mana dalam menghapus kolom di excel. 

Menghapus kolom kosong di Excel 

Untuk menghapus kolom di Excel terdapat dua cara yang bisa kalian coba yaitu dengan cara manual satu persatu atau dengan cara memanfaatkan fitur otomatis yang ada di excel. Berikut ini akan kami jelaskan beserta gambar secara runtut agar kalian bisa mempraktekannya dengan mudah.

Menghapus Kolom Kosong di Excel Secara Manual

Menghapus kolom atau tabel kosong secara manual di Excel bisa kalian pakai ketika data kolom kosong kalian di excel tidak begitu banyak. Berikut cara manual untuk menghapus kolom kosong di excel.

  • Buka File Excel kalian.
  • Lalu pilih tabel atau kolom kosong kalian yang ingin dihapus.
  • Klik kanan dan pilih delete.

Sekarang kolom kosong kalian sudah terhapus. Namun yang jadi pertanyaan bagaiman bila kolom kosong yang ada di excel begitu banyak? Tentu saja apabila dilakukan satu persatu memakan waktu yang tidak sedikit. Tenang aja sob, ternyata di Excel sudah mendukung fitur untuk menghapus secara otomatis kolom kosong. Langsung saja berikut cara menghapus kolom kosong secara otomatis di Excel.

Menghapus Kolom Kosong Secara Otomatis di Excel

Selain menggunakan cara tadi, kalian juga bisa menggunakan fitur yang ada di excel. Cara ini cocok digunakan apabila data tabel kosong yang ingin kalian hapus berjumlah banyak. Langsung saja berikut cara menghapus kolom kosong secara otomatis.

  • Buka file Excel kalian
  • Lalu pilih menu Developer, Visual Basic atau kalian juka bisa tekan Alt+F11.
  • Pilih menu insert, dan module.

  • Lalu ketikkan Kode dibawah ini. (untuk lebih jelas lihat gambar diatas).

" Sub RemoveBlanks()

Columns("A").SpecialCells(xlCellTypeBlanks).EntireRow.Delete

End Sub "

Lalu tekan play. Maka Kolom kosong kalian yang ada di excel akan otomatis terhapus. Bagaimana mudah bukan.

Itulah cara hapus kolom kosong secara otomatis di Excel yang bisa kalian coba. Jika ada pertanyaan atau saran topik silahkan tulis di kolom komentar. Selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menghapus Kolom Kosong Secara Otomatis di Excel"

Post a Comment